Koordinator Program Keahlian    :   Bedi Mulyana, SHut MPar MMCAP
Sekretaris Program Keahlian       :   Kania S. Rahayu, SIkom MPar MMHTRL

VISI

Menjadikan Program Keahlian Ekowisata sebagai institusi terbaik di Indonesia dalam penyelengaraan program vokasional pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus, yang menghasilkan tenaga Ahli Madya dengan keterampilan serta employability tinggi, khususnya di bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan keahlian ekowisata yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang.
  • Berperan serta dalam meningkatkan potensi sumberdaya manusia di bidang ekowisata dengan penerapan IPTEKS melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
  • Menyelenggarakan Program Keahlian Ekowisata dengan manajemen yang sehat, berorientasi pada mutu, profesionalisme dan keterbukaan.
  • Memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan IPB secara materi maupun kualitas pendidikan secara nasional.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil dan handal dalam bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

KOMPETENSI LULUSAN

  • Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang dan menyelenggarakan wisata berbasiskan kewilayahan.
  • Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan dan mengelola sumberdaya untuk kepentingan wisata dan ekowisata dengan tetap memperhatikan azas kelestarian sumberdaya dalam jangka panjang.
  • Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam mengembangkan paket-paket wisata dan pemasaran dalam bidang wisata.
  • Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang dan menyelenggarakan kegiatan wisata mulai dari aspek teknis sampai ekonomi.

LAPANGAN PEKERJAAN

  1. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola daerah-daerah wisata.
  2. Tenaga teknis terampil perancang tapak kawasan wisata.
  3. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola paket-paket program wisata alam dan ekowisata.
  4. Tenaga teknis terampil penilai kawasan yang akan diambil nilai manfaatnya, terutama manfaat wisata alam dan ekowisata.