1. Beasiswa

IPB mengelola pemberian/ penyaluran beasiswa mahasiswa Program Sarjana dan Program Diploma yang dananya bersumber dari instansi pemerintah, swasta, yayasan, dan sumber-sumber lain. Pemberian beasiswa dimaksudkan untuk membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik baik atau memiliki potensi akademik yang baik, tetapi mengalami kesulitan ekonomi agar dapat tetap melanjutkan studi dan menyelesaikannya tepat waktu.Informasi beasiswa diumumkan melalui papan-papan pengumuman baik di Direktorat Kemahasiswaan maupun Program Diploma. Pengajuan permohonan beasiswa dilakukan melalui Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Program Diploma, kemudian diteruskan ke Direktorat Kemahasiswaan. Selain itu, terbuka kemungkinan juga mahasiswa dapat mengajukan beasiswa pada sponsor luar dengan inisiatif mahasiswa atau organisasi kemahasiswaan.

    1. PPKM Institut Pertanian Bogor

IPB memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masalah kesehatan mahasiswanya dari semua jenjang Program Pendidikan (Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana). Pepatah Prancis menyebutkan mensana in corpore sano, yang terjemahan bebasnya kira-kira sebagai berikut: Di dalam tubuh/ jasmani yang sehat terdapat jiwa dan pikiran yang sehat. Kepedulian tersebut diimplementasikan dalam bentuk Program Penyangga Kesehatan Mahasiswa IPB. Program tersebut mulai diberlakukan pada tahun akademik 2001/ 2002. Jika mahasiswa IPB sehat, maka kita mempunyai harapan yang besar akan lahirnya ide-ide yang cemerlang, kreatif, dan inovatif serta produktif dari kalangan mahasiswa IPB.

      Program Penyangga Kesehatan Mahasiwa (PPKM) bertujuan untuk memelihara kesehatan mahasiswa selama mengikuti studi di IPB melalui:

    • Pelayanan rawat jalan oleh Poliklinik IPB kepada mahasiswa yang memerlukan.
    • Pemberian bantuan biaya rawat inap dan pengobatan bagi mahasiswa yang mengalami sakit sehingga harus dirawat di Rumah Sakit.
    • Pemberian bantuan biaya pengobatan karena kecelakaan yang dialami oleh mahasiswa, baik di dalam maupun di luar kampus selama masa studi di IPB.