Koordinator Program Keahlian    :   Helianthi Dewi, S.Hut., M.Si.
Sekretaris Program Keahlian       :   Dyah Prabandari, S.P.

VISI
Menjadikan Program Keahlian Ekowisata sebagai institusi terbaik di Indonesia dalam penyelengaraan program vokasional pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus, yang menghasilkan tenaga Ahli Madya dengan keterampilan serta employability tinggi, khususnya di bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan keahlian ekowisata yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang.
  2. Berperan serta dalam meningkatkan potensi sumberdaya manusia di bidang ekowisata dengan penerapan IPTEKS melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
  3. Menyelenggarakan Program Keahlian Ekowisata dengan manajemen yang sehat, berorientasi pada mutu, profesionalisme dan keterbukaan.
  4. Memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan IPB secara materi maupun kualitas pendidikan secara nasional.

TUJUAN
Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil dan handal dalam bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang dan menyelenggarakan wisata berbasiskan kewilayahan.
  2. Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan dan mengelola sumberdaya untuk kepentingan wisata dan ekowisata dengan tetap memperhatikan azas kelestarian sumberdaya dalam jangka panjang.
  3. Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam mengembangkan paket-paket wisata dan pemasaran dalam bidang wisata.
  4. Memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam merancang dan menyelenggarakan kegiatan wisata mulai dari aspek teknis sampai ekonomi.

LAPANGAN PEKERJAAN

  1. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola daerah-daerah wisata.
  2. Tenaga teknis terampil perancang tapak kawasan wisata.
  3. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola paket-paket program wisata alam dan ekowisata.
  4. Tenaga teknis terampil penilai kawasan yang akan diambil nilai manfaatnya, terutama manfaat wisata alam dan ekowisata.

KURIKULUM

No Kode MK Nama Mata Kuliah SKS
     Semester 1
 
1  DIP 110  Matematika 3 (2-1)
2  DIP 113  Aplikasi Komputer 3 (1-2)
3  DIP 106  Bahasa Inggris Wisata 4 (2-2)
4  EKW 101  Teknik Survival dan PPPK 2 (0-2)
5  EKW 102  Ekologi dan Estetika Hutan 3 (1-2)
6  EKW 103  Dasar-dasar Konservasi dan Pengelolaan  Sumberdaya Alam 3 (2-1)
7  EKW 104  Rekreasi dan Ekowisata 4 (2-2)
    Jumlah 22 (10-12)
     Semester 2
 
1  DIP 117  Pengantar Agroindustri 2 (2-0)
2  DIP 103  Bahasa Indonesia 3 (2-1)
3  DIP 212  Metode Statistika 3 (1-2)
4  EKW 105  Teknik Interpretasi 3 (1-2)
5  EKW 106  Wisata Perairan 3 (1-2)
6  EKW 107  Pengelolaan Pengunjung dan Psikologi Wisatawan 3 (1-2)
7  EKW 108  Rekreasi Taman dan Perkemahan 3 (1-2)
8  EKW 109  Wisata Alam 4 (2-2)
9  EKW 110  Praktek Umum Ekowisata 2 (0-2)
    Jumlah 26 (11-15)
     Semester 3
 
1  DIP 202  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 (2-1)
2  DIP 207  Bahasa Asing ( Mandarin, Korea atau Jepang) 3 (1-2)
3  EKW 211  Wisata Kesehatan 3 (1-2)
4  EKW 212  Penerapan Sistim Informasi Geografis dalam Ekowisata 3 (1-2)
5  EKW 213  Permainan dan Hobi 3 (1-2)
6  EKW 214  Wisata Budaya dan Spiritual 4 (2-2)
7  EKW 215  Ekonomi dan Bisnis Wisata 4 (2-2)
    Jumlah 23 (10-13)
     Semester 4
 
1  DIP 201  Pendidikan Agama 2 (2-0)
2  DIP 216  Kewirausahaan 3 (1-2)
3  EKW 216  Rekreasi Anak dan Penyandang Cacat 2 (1-1)
4  EKW 217  Manajemen Perjalanan 3 (1-2)
5  EKW 218  Teknik Komunikasi dan Etika Pemanduan 3 (1-2)
6  EKW 219  Metode dan Etika Pemasaran Wisata 4 (2-2)
7  EKW 220  Manajemen Resort dan Perhotelan 4 (2-2)
8  EKW 221  Praktek Pengelolaan Ekowisata 2 (0-2)
    Jumlah 23 (10-13)
     Semester 5
 
1  EKW 322  Perencanaan Dasar Ekowisata 3 (1-2)
2  EKW 323  Desain dan Kreatif Ekowisata 3 (1-2)
3  EKW 324  Manajemen Program dan Event Wisata 4 (2-2)
    Jumlah 10 (4-6)
     Semester 6
 
1  DIP 325  Seminar 1 (0-1)
2  EKW 325  Praktik Kerja Lapangan 4 (0-4)
3  EKW 326  Tugas Akhir 4 (0-4)
    Jumlah 9 (0-9)
    Jumlah Total SKS
113 (45-68)

 

SILABI MATA KULIAH

  1. Matematika 3(2-1)
    Mempelajari gugus : pengertian, penyajian, hubungan, pengolahan, bilangan kardinal gugus majemuk;  gugus ganda, hubungan dan fungsi; pernyataan : pengertian, perangkai dasar, pernyataan majemuk dan nilai kebenaran, kesahihan argumen, pernyataan umum dan khusus; matriks : bentuk umum,  pengolahan, macam matriks, determinan, matriks kebalikan; gugus persamaan linier dan vektor jawab.
  2. Aplikasi Komputer 3(1-2)
    Mempelajari jenis-jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitas) dan aplikasinya, pengenalan komponen-komponen komputer meliputi  peralatan pemroses, input, output, dan penyimpanan, dasar-dasar jaringan komputer, keamanan komputer dan internet, penggunaan perangkat lunak sistem dan aplikasi untuk penyelesaian masalah serta materi muatan lokal sesuai kebutuhan setiap program keahlian.
  3. Bahasa Inggris Wisata 4(2-2)
    Mengajarkan serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa inggris dan meningkatkan penguasaan kosa-kata dalam bahasa inggris pada level intermediate dengan topik bacaan yang sesuai dengan masing-masing program studi. Melatih kemampuan bahasa Inggris mahasiswa (penekanan pada conversation) dalam dunia pariwisata secara  umum, kemampuan yang harus dimiliki dalam kepemanduan dan spesifikasi sesuai dengan lingkup bidang ekowisata yang dipilih mahasiswa.
  4. Teknik Survival dan PPPK 2(0-2)
    Mengajarkan mengenai : teknik survival; PPPK; antisipasi bencana di lokasi ekowisata; dan manajemen perjalanan.
  5. Ekologi dan Estetika Hutan 3(1-2)
    Mengajarkan  mengenai konsep-konsep dasar ekologi (organisasi makhluk hidup, aliran energi dan hara, suksesi primer dan sekunder), interaksi diantara makhluk hidup, habitat, dan estetika struktur dan komposisi tegakan hutan, ekologi dan estetika satwa liar, serta beberapa teknik inventarisasi tumbuhan dan satwa liar.
  6. Dasar-dasar Konservasi dan Pengelolaan Sumberdaya Alam  3(2-1)
    Mengajarkan mengenai : pengertian hutan dan kehutanan Indonesia serta perannya; keanekaragaman hayati; konservasi sumberdaya alam hayati; pelaksanaan konservasi di Indonesia; dan aspek pemanfaatan pada konservasi sumberdaya alam hayati.
  7. Rekreasi dan Ekowisata 4(2-2)
    Mengajarkan tentang leisure time (waktu luang) sebagai dasar keilmuan pariwisata, rekreasi dan ekowisata; pengantar ilmu pariwisata; pengertian dan karakteristik rekreasi dan ekowisata; peraturan perundangan kepariwisataan; identifikasi demand dan supply kegiatan rekreasi dan ekowisata; daya dukung (carrying capacity) kegiatan rekreasi dan ekowisata; dampak kegiatan rekreasi dan ekowisata terhadap kondisi ekologi, sosioekonomi dan sosiobudaya; pengantar perencanaan kegiatan rekreasi dan ekowisata.
  8. Pengantar Agroindustri 2(2-0)
    Mempelajari sistim agroindustri dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan agroindustri, antara lain pengertian pasca panen dan pengolahan hasil, pengertian nilai tambah produk pertanian, bentuk-bentuk olahan hasil pertanian, serta bentuk-bentuk proses pengolahan hasil pertanian.
  9. Bahasa Indonesia 3(2-1)
    Mempelajari penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia secara baik.  Topik yang dibahas meliputi EYD, struktur kalimat, kalimat yang efektif dan logis, paragraf, jenis-jenis tulisan, karya ilmiah, dan penyajian lisan.
  10. Metode Statistika 3(1-2)
    Mempelajari pengertian dan ruang lingkup statistika, skala pengukuran, data kuantitatif dan kualitatif, populasi dan contoh, statistik deskriptif fan inferensia, deskripsi dan eksplorasi data, pendugaan parameter, peluang, pengujian hipotesis, analisis regresi sederhana, korelasi, statistika nonparametrik : sign test, U-test, Chi-square, Mann-Whitney, Kruskall-Wallis, Wilcoxon, Kolmogorov-Smirnov; Range korelasi Spearman.
  11. Teknik Interpretasi 3(1-2)
    Mempelajari mengenai konsep dasar interpretasi; ecotourism destination; teknik interpretasi (attended services and unatended services); pemilihan media interpretasi (review skema proses komunikasi, visualisasi ide, faktor yang mempengaruhi pemilihan media, tipe interpretasi); perencanan program interpretasi (perencana interpretasi, tujuan dan sasaran, integrasi dengan site planning, prospectus perencanaan, proses perencanaan interpretasi).
  12. Wisata Perairan 3(1-2)
    Mempelajari tentang ekosistim perairan, pengetahuan praktis tentang konsep dasar wisata perairan; pengertian dan uang lingkup wisata perairan serta masalah wisata perairan; kebijakan pemerintah terhadap sektor wisata perairan; komponen wisata perairan (obyek dan daya tarik wisata perairan, promosi dan pemasaran wisata perairan, pasar wisata perairan, sarana dan prasarana wisata perairan); konsep dan ruang lingkup wisata danau/waduk ; konsep dan ruang lingkup wisata sungai/air terjun.
  13. Pengelolaan Pengunjung dan Psikologi Wisatawan 3(1-2)
    Mempelajari tentang definisi psikologi dan gambaran umum pariwisata; batasan pengelolaan pengunjung dari penyebaran, pembatasan penggunaan kawasan dan penutupan, memahami teori motivasi, kepribadian dan sikap wisatawan serta kebutuhan psikologi wisatawan.
  14. Rekreasi Taman dan Perkemahan 3(1-2)
    Mempelajari tentang review leisure, recreation and tourism concept; pengertian, klasifikasi taman dan perkemahan serta aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan pada kedua lokasi tersebut; demand rekreasi taman dan perkemahan; rancangan dan rencana program rekreasi pada suatu tapak taman dan perkemahan.
  15. Wisata Alam 4(2-2)
    Mempelajari tentang jenis-jenis wisata alam, perkembangan wisata alam di Indonesia, identifikasi supply and demand wisata alam, dampak kegiatan wisata alam baik secara ekologi, sosial budaya dan ekonomi.
  16. Praktek Umum Ekowisata 2(0-2)
    Praktek ini mempelajari:
    • Pengenalan ekosistem alami beserta komponen-komponen penyusunnya yaitu unsur abiotik (suhu, kelembaban, kondisi tanah, perairan dan lainnya) dan unsur biotik diantaranya tumbuhan (pohon, tumbuhan bawah, lumut dan lain-lain) serta berbagai satwa (mamalia, burung, reptil, amfibi, serangga dan lain-lain).
    • Pengenalan suatu kawasan ekowisata dengan mengidentifikasi potensi sumber daya, daya tarik dan atraksi wisata, wisatawan/pengunjung, sarana, prasarana dan fasilitas wisata serta kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat sekitar kawasan wisata.
  17. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2-1)
    Membahas pengertian Pancasila, Pembukaan Undang-undang Dasar, Undang-undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai Sistem Etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance.
  18. Bahasa Asing (Mandarin, Korea atau Jepang) 3(1-2)
    Membahas tentang  pengenalan tata bahasa Mandarin/Korea/Jepang; percakapan sederhana sehari-hari yang biasa digunakan; istilah-istilah yang sering digunakan; pengucapan dan lafal; penulisan karakter Pinyin/Hangul/Kanji, Hiragana, dan Katakana.
  19. Wisata Kesehatan 3(1-2)
    Membahas tentang konsep dasar, pengertian, ruang lingkup dan atau kegiatan yang dapat diklasifikasikan sebagai wisata kesehatan (termasuk di dalamnya phytomedica); memberikan pengenalan dan pemahaman tentang potensi sumber daya berdasarkan karakteristik masing-masing daerah di Indonesia, baik yang sifatnya teoritis maupun praktek sampai pada proses sebuah perencanaan kegiatan pengembangan yang dikemas dalam bentuk wisata kesehatan.
  20. Penerapan Sistim Informasi Geografis dalam Ekowisata 3(1-2)
    Membahas mengenai pengertian dan ruang lingkup geodesi dan sistem informasi geografis; konsep dasar geodesi dan sistem informasi geografis; komponen sistem informasi geografis; tahapan dan proses survei pemetaan dan pembuatan peta.
  21. Permainan dan Hobi 3(1-2)
    Membahas mengenai review leisure time (waktu luang); basic conceptual permainan dan hobi, sumber daya permainan dan aktivitas hobi (space, time and tools); ragam, jenis dan setting dalam permainan dan aktivitas hobi (traditional and modern, active and pasive, individual and group, indoor and outdoor); perancangan permainan dan aktivitas hobi (goal and objective, rules, ethic, procedure); perburuan (hunting), sport tourism, outbound; pengembangan, perancangan dan perencanaan program wisata berbasiskan permainan dan aktivitas hobi.
  22. Wisata Budaya dan Spiritual 3(1-2)
    Membahas tentang konsep dasar budaya dan spiritual beserta elemen yang terkait, kebudayaan sebagai sumber daya kegiatan wisata budaya dan spiritual; demand wisata budaya dan spiritual, bentuk wisata budaya dan spiritual, dampak kegiatan wisata budaya dan peninggalan; pengembangan wisata budaya dan spiritual melalui penyusunan paket kegiatan wisata budaya dan spiritual serta pengembangan lokasi kegiatan wisata budaya dan spiritual dalam sebuah perencanaan.
  23. Ekonomi dan Bisnis Wisata 4(2-2)
    Mempelajari tentang pengantar ilmu ekonomi; fenomena ekonomi wisata sebagai aktifitas ekonomi; batasan-batasan wisata; wisata sebagai suatu bisnis; dan merencanakan bisnis wisata.
  24. Pendidikan Agama 2(2-0)
    Mempelajari pemahaman, penghayatan dan pengalaman tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa dan negara di dalam menunjang pembangunan nasional; sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.
  25. Kewirausahaan 3(1-2)
    Mempelajari pengetahuan tentang kewirausahaan mulai dari pengertian wirausaha, karakter seorang wirausaha, serta wawasan tentang perilaku dan kemampuan seorang wirausaha, dan contoh aplikasinya sesuai dengan kebutuhan muatan lokal setiap program keahlian.
  26. Rekreasi Anak dan Penyandang Cacat  2(1-1)
    Membahas tentang definisi dan kharakteristik dari rekreasi anak dan penyandang cacat; psikologi dan perkembangan anak; rekreasi anak dan pengantar rekreasi anak; batasan dan kharakteristik serta psikologi klinik penyandang cacat; rekreasi dissable person; dan pengantar perencanaan rekreasi dissable person.
  27. Manajemen Perjalanan 3(1-2)
    Membahas mengenai pengertian dasar manajemen, ruang lingkup dan aspek manajemen, karakteristik perjalanan, operator biro perjalanan, dan teknik menghitung biaya perjalanan wisata.
  28. Teknik Komunikasi dan Etika Pemanduan 3(1-2)
    Membahas mengenai konsep dasar komunikasi dan pemanduan; materi pemanduan (karakteristik, unsur dan elemen penting, sumberdaya, tipe dan macam tourism destination di Indonesia); subyek  (sasaran) pemanduan (latar belakang, kondisi fisik, psikologis, tourist need, want and motif); etika pemanduan; alat bantu kegiatan pemanduan; dan perancangan dan perencanan program pemanduan.
  29. Metode dan Etika Pemasaran Wisata 3(1-2)
    Membahas mengenai pengertian metode dan etika pemasaran, ruang lingkup dan peranan pemasaran wisata, batasan dan lingkup promosi, metode dan media promosi,  desain media promosi, peluang pasar wisata dan strategi pemasaran wisata yang efektif.
  30. Manajemen Resort dan Perhotelan 3(1-2)
    Membahas tentang definisi dan batasan resot dan perhotelan, karakteristik resort dan perhotelan, sumber daya manusia resort dan perhotelan, sistem regulasi dan perizinan resort dan perhotelan.
  31. Praktek Pengelolaan Ekowisata 2(0-2)
    Praktek Pengelolaan Ekowisata merupakan suatu usaha pengenalan, pembelajaran dan aplikasi langsung kegiatan pengelolaan bidang ekowisata. Aspek teoritis yang diperoleh pada saat kuliah diaplikasikan secara langsung dalam aspek teknis (operasional) pada setiap unit kegiatan pengelolaan yang mendeskripsikan kepada para peserta praktek tentang bagaimana kondisi dan situasi pekerjaan bidang ekowisata sebenarnya.
  32. Perencanaan Dasar Ekowisata 3(1-2)
    Membahas tentang konsep perencanaan ekowisata yang meliputi : program ekowisata yang terintegrasikan dengan site existing condition; program ekowisata didekati dari activity model,  program formats setting dan ecotourism program planning; pendekatan yang lain dijelaskan mengenai site resources, carrying capacity dan ecotourism site planning;  integrated ecotourism planning (destination area) sebagai implementasi dari konsep sustainable tourism.
  33. Desain dan Kreatif Ekowisata 3(1-2)
    Membahas tentang konsep dasar, pengertian dan karakteristik dari desain dan kreatif ekowisata; highlight mengenai seni dan kaitannya dalam membangun daya imajinasi dan kreativitas; kreativitas dalam mengaktualisasikan program dan produk wisata; desain kreatif dalam menciptakan media promosi guna mendukung pengembangan kegiatan ekowisata.
  34. Manajemen Program dan Event Wisata 4(2-2)
    Membahas mengenai definisi dan batasan event, karakteristik regular event, karakteristik event non   regular, struktur sumber daya manusia penyelenggaraan event, struktur sistem pembiayaan event, struktur sistem regulasi dan perizinan event.
  35. Seminar 1(0-1)
    Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas akhir didepan kelas, mendapatkan umpan balik dari diskusinya, bertukar pengalaman praktek kerja.
  36. Praktek Kerja Lapangan 4(0-4)
    Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan implementasi terhadap semua yang telah dipelajari pada program keahlian ekowisata. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menentukan lokasi tempat PKL sesuai dengan minat terhadap kegiatan pengelolaan ekowisata yang ada di Indonesia. Pada pelaksanaanya mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengenali, mengamati dan memahami serta melakukan secara langsung seluruh rangkaian kegiatan pengelolaan ekowisata yang terdapat di lokasi tempat praktek pada masing-masing unit pengelolaan yang ada.
  37. Tugas Akhir 4(0-4)
    Menyusun dan membuat rancangan program ekowisata sesuai dengan kondisi alam, sosial budaya dilokasi mahasiswa melakukan praktik kerja lapangan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

 

back to top