LEMBAGA KEMAHASISWAAN

1. Organisasi kemahasiswaan tingkat IPB

Organisasi kemahasiswaan tingkat IPB terdiri dari:

  1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM-KM) IPB;
  2. Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM-KM) IPB;
  3. Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) IPB; dan
  4. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan untuk menyalurkan hobi, minat, dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga, bela diri, seni dan budaya, kerohanian, pramuka, palang merah, cinta alam, dan bela negara. Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di IPB sebagai berikut:

  1. UKM Olahraga Bela Diri yaitu: PPS Betako Merpati Putih, PS Perisai Diri, PS Setya Buana, PS Tapak Suci, Tarung Derajat–AA Boxer, PS Seroja Putih, Thifan Po Khan, Tae Kwondo, UKM “Gerak Alam” IPB, AIKIDO IPB, Institut Karate-Do Indonesia IPB (INKAI IPB).
  2. UKM Olahraga Non Bela Diri yaitu: Sepak Bola, Futsal, Basket, Bola Voly, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Catur, dan Panahan.
  3. UKM Seni dan Budaya yaitu: UKM Paduan Suara Mahasiswa “Agria Swara”, UKM Seni Lingkung Sunda Gentra Kaheman, UKM Seni Musik “Music Agriculture X-pression (MAX !!)”.
  4. UKM Kerohanian yaitu: Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM), Persekutuan Mahasiwa Kristen (PMK), Kesatuan Mahasiswa Katolik Indonesia (KEMAKI), Kesatuan Mahasiswa Budha (KMBA), dan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD).
  5. UKM Bidang Khusus yaitu: Resimen Mahasiswa, Pramuka, Lawalata (Pencinta Alam), Korps Sukarela PMI dan, Forces (Penalaran/Keilmuan), KPTO Zingiber (Tanaman Obat/Biofarmaka), Aspect (Pemberdayaan Masyarakat Pertanian), Gema Almamater (Jurnalistik),
  6. UKM Bidang Keilmuan yaitu: International Association of Agriculture and Related Science Student (IAAS), Forum for Scientific Studies (Forces) IPB, dan Uni Konservasi Fauna (UKF) IPB .
  7. UKM Bidang Kewirausahaan yaitu: Center of Entrepreneurship Development for Youth (Century) IPB dan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) IPB.
  8. Bidang Jurnalistik yaitu: Gema Almamater IPB.

Kelembagaan Mahasiswa Tingkat Fakultas/Direktorat Program TPB:

  1. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas/TPB
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas/TPB

 

2. Organisasi kemahasiswaan tingkat Diploma IPB

 Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Diploma IPB yaitu :

    Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM-KM) Diploma IPB Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Diploma IPB Minat Profesi (MIPRO) Klub Olahraga dan Seni, dan Forum Kerohanian Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM-KM) Diploma IPB dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Diploma IPB merupakan bagian dari DPM dan BEM pada tingkat IPB. Kedua lembaga tersebut merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan berorganisasi.

    Selain kedua lembaga tersebut untuk mengembangkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah maka dibentuk organisasi minat profesi. Lembaga minat profesi merupakan wadah intrakulikuler bagi mahasiswa di Diploma IPB. Lembaga minat profesi dikelompokkan berdasarkan rumpun keilmuan program keahlian di Diploma IPB, yaitu

    1. Rumpun Pertanian
    2. Rumpun Pangan dan gizi
    3. Rumpun informasi dan teknologi
    4. Rumpun lingkungan dan kimia
    5. Rumpun manajemen

    Berdasarkan kelima rumpun tersebut maka dibentuk:

    1. Masterbin; merupakan organisasi Mipro yang menaungi mahasiswa yang berasal dari rumpun pertanian yaitu PK. Teknologi Industri Benih, PK. Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya, PK. Teknologi dan Manajemen Ternak, PK. Perkebunan Kelapa Sawit, PK. P3, dan PK. Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan.
    2. Mapagi; adalah organisasi Mipro yang menaungi mahasiwa yang berasal dari rumpun pangan dan gizi yaitu PK. Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi dan PK. Supervisor Jaminan Mutu Pangan.
    3. Micro; adalah organisasi Mipro yang mewadahi mahasiswa yang berasal dari rumpun informasi dan teknologi yaitu PK. Komunikasi, PK. Manajemen Informatika dan PK Teknik Komputer
    4. Likista; merupakan organisasi Mipro yang menaungi mahasiswa yang berasal dari rumpun lingkungan, kimia dan ekowisata yaitu PK. Ekowisata, PK. Analisis Kimia dan PK. Teknologi dan Manajemen Lingkungan.
    5. Akmapesa; adalah organisasi Mipro yang mewadahi mahasiswa yang berasal dari rumpun pengembangan manajemen yaitu PK. Manajemen Agribisnis, PK. Perencanaaan dan Pengendalian Produksi Manufaktur/Jasa dan PK. Akuntansi.

    Diploma IPB juga membentuk organisasi kemahasiswaan yang bertujuan pengembangan minat dan bakat bidang seni, olahraga serta kerohanian yang disebut sebagai klub dan forum. Adapun klub-klub tersebut adalah:

    1. Angsana; merupakan organisasi pencinta alam di Diploma IPB.
    2. Obscura; sebagai wadah pengembangan minat dan bakat fotografi.
    3. D’Voice; adalah paduan suara mahasiswa Diploma IPB
    4. Teater Jendela; adalah wadah untuk pegembangan minat dan bakat seni peran.
    5. Bengkel Seru; adalah organisasi untuk pengembangan minat dan bakat dibidang seni rupa.
    6. Pervomad; adalah organisasi untuk mengembangkan minat dan bakat olahraga bola volley.
    7. PSD; adalah organisasi untuk mengembangan minat dan bakat olahraga sepak bola.

    Untuk menyeimbangkan hidup mahasiswa maka dibentuk forum kerohanian yang terdiri atas:

    1. Forum Rohani Islam
    2. Forum Mahasiswa Kristen
    3. Forum Keluarga Mahasiswa Katolik

    Keberadaan berbagai organisasi kemahasiswaan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan non akademik sebagai penyeimbang kemampuan akademik yang diterima di bangku kuliah. Pengembangan organisasi kemahasiswaan di Diploma IPB dilakukan dengan penyediaan dana untuk kegiatan kemahasiswaan dan peralatan yang penggunaanya dipertanggungjawabkan oleh masing-masing organisasi. Selain itu setiap organisasi mengikutsertakan dosen sebagai pembimbing kegiatan.