TujuanĀ 

  • Terciptanya kelembagaan PPM sebagai yang efektif, efisien dan sehat.
  • Mengembangkan, memutakhirkan dan memanfaatkan IPTEKS secara arif dan bertanggung. jawab dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan mendukung peningkatan mutu pendidikan.
  • Terbentuk dan berkembangnya kemitraan dalam rangka transfer IPTEKS ke masyarakat dan terciptanya program PPM yang berlanjutan.
  • Mendukung perkembangan institut menjadi Universitas Berbasis Riset.

Tugas Pokok

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan tugas merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan dan menjamin mutu kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh pusat, fakultas, departemen dan kelompok dosen.

Tugas dan Fungsi

  1. Penyusunan konsep arah kebijakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung visi, misi, dan tujuan IPB .
  2. Penyusunan mekanisme dan hubungan kerja kelembagaan antar unit kerja dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Pelaksanaan koordinasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakatdi pusat studi, fakultas dan departemen.
  4. Pemberian fasilitasi pengembangan kegiatan dan jejaring kerjasama pusat studi dan unit kerja lainnya yang terkait dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Pelaksanaan kontrak kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mitra kerja IPB yang pelaksanaannya dilakukan oleh pusat studi dan/atau kelompok dosen.
  6. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja pusat studi secara reguler.
  7. Pelaksanaan koordinasi dan diseminasi hasil-hasil kegiatan PPM.